MENINGKATKAN KEMAMPUAN TIK GURU UNTUK PEMBELAJARAN ABAD
KE-21
Abstrak
Guru Korea
Pada Umumnya dianggap terlatih untuk mengintegrasikan TIK kedalam mereka
mengajar sejak dimulainya rencana Pertama IT master korea pada tahun 1996. Namun
sejak kemunculan dan penerapan teknologi terdepan dan
perkembangan pengetahuan baru ditengah masyarakat menuntut kompetensi guru
untuk berkembang. Mengingat perubahan paradigma adanya peniningkatan
pendidikan guru tersebut, makalah ini bertujuan mengekplorasi
pendekatan pendidikan guru yang terbaru untuk meningkatkan kemampuan TIK guru untuk pembelajaran di abad 21.
Dari hasil kajian literatur mengisyaratkan peran guru masa depan termasuk
keterampilan melek media baru dan keahlian bidang adaptif yang efisien dan
inovatif. Dari perspektif ini kita memeriksa tiga kasus :
1. Belajar pemrograman scractch untuk berpikir komputasi dan
kraeatif.
2. Belajar robotika untuk berpikir
konvergen dan divergen
3. Belajar desain dengan ICT untuk berpikir sistematis.
Pendekatan
baru memiliki kelebihan seperti, :
·
focus
pada keterampilan berpikir daripada keterampilan teknis,
·
menyediakan
berbagai konteks yang berbeda dari pembelajaran kelas biasa
·
Membantu
guru untuk mengembangkan keahlian adaptif
Peserta
dari ketiga kasus mengalami kesulitan dalam :
·
mengintegrasikan
ide-ide baru yang berhubungan dengan berbagai
vareasi kegiatan
·
pemahaman
konteks desain yang rumit perlu kerja komprehensif
perlu
penelitian lebih lanjut untuk menyelidiki proses pembelajaran dan hasil pembelajaran
Guru yang lebih mendalam dan banyak kasus dan dari berbagai sumber data untuk
meverifikasi potensi dan tantangan pendekatan pembelajaran yang lebih bersaing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar